10 Tips penting memulai fotografi

Langsung saja ya?

1. Dekatkan Objek foto

Setiap kali Anda melihat objek, snap shot dan Anda bergerak lebih dekat untuk menembak yang lebih baik. Setelah subjek Anda hampir mengisi frame, itu akan  membantu penampilan objek Anda, dapat memahami dan menghargai foto Anda. Juga, detail sering lebih menarik daripada pandangan keseluruhan.

Teruslah bergerak mendekat sampai Anda yakin foto telah mewakili objek Anda.

Dekatkan objek

2. Lakukan dengan cepat

Jika mungkin objek Anda bergerak, berubah pose, atau berhenti tersenyum, atau bosan menunggu Anda untuk mengambil gambar, lakukan dengan segera.

Semakin cepat dan lebih cepat untuk pengambilan gambar.

Jangan Anda khawatir tentang pengambilan gambar yang terlalu banyak dan jangan menunggu sampai Anda benar-benar yakin semua tombol-tombol berada di posisi yang benar.

Sebagai motto , “Tembak dahulu, Ajukan Pertanyaan Kemudian.”

Senyum ini akan segera menghilang

3. Lakukan komposisi dengan cermat

Bahkan jika Anda tidak berencana untuk menjual foto Anda, buatlah setiap usaha untuk tetap seimbang dan indah. Pada satu tingkat atau lainnya, semua orang merespon lebih baik untuk gambar yang memiliki semua elemen dalam keseimbangan.

Upayakan untuk memperhatikan sepanjang jalan apa yang menarik melalui foto, dengan menggunakan garis yang kuat atau pola yang baik.

Jaga tingkat cakrawala; keluarkan unsur-unsur tambahan yang Anda tidak tertarik; Secara sadar, tempatkan objek Anda di mana Anda pikir itu yang paling menjadi milik Anda bukan hanya menerimanya di mana pun ia berada; Bermainlah dengan perspektif sehingga semua garis menunjukkan pola atau perhatian terpusat untuk objek utama Anda.

4. Selektif memilih

Bedakan apa yang Anda benar-benar tertarik dan pusatkan usaha Anda untuk mendapatkan foto terbaik dari hal tersebut, apakah itu makhluk hidup, kucing lucu Anda, teman-teman, keluarga, suasana hati, suatu tempat dan sosial budaya.

Kemudian pastikan untuk menjaga apa pun yang akan mengalihkan perhatian dari gambar, hilangkan unsur-unsur yang tidak diinginkan.

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan melihat perbatasan dalam viewfinder Anda – tepi pandangan ketika Anda melihat melalui jendela bidik kamera. Kemudian ubah komposisi jika sesuatu terlihat mengganggu gambar seperti kabel telepon, tanda-tanda mengganggu, jari Anda, atau tali kamera yang masuk ke dalam gambar Anda.

Selektif

5. Fokus pada Objek

Latihan mengambil gambar dengan lubang yang berbeda dan monitor hasilnya setelah itu, untuk belajar bagaimana depth of field dapat mempengaruhi foto Anda.

Anda akan menemukan bahwa lebih kecil depth of field (dan lebih kecil f-stop #) memfokuskan semua perhatian pada objek Anda. Ini akan menjadi sangat bagus untuk mengambil gambar anak Anda, anjing Anda, atau suami Anda, objek yang begitu menonjol dengan latar belakang kabur.

Demikian juga ketika Anda menemukan bahwa lebih besar depth of field (besar f-stop) akan membuat segala sesuatu muncul di fokus. Ini akan membuat orang menyaksikan lanskap yang menarik dan indah.

6. Bereksperimen dalam waktu

Salah satu aspek yang paling dasar, yang diabaikan, dan menyenangkan dalam fotografi adalah bahwa Anda memiliki kekuatan untuk memperlambat atau menangkap sepersekian detik.

Salah satu gambar yang dibuat dengan begitu lambat memperlihatkan kepada kita objek bergerak begitu cepat secara real time. Bermain dengan kecepatan rana!

Gunakan kecepatan rana lambat dan tripod untuk membuat gambar cantik dari sebuah sungai. Di sisi lain, Anda dapat menggunakan kecepatan rana (1/500 dan up) untuk menangkap obyek bergerak.

Menggabungkan kecepatan rana dengan lensa panjang, dapat digunakan dalam fotografi olahraga ketika Anda ingin menangkap ekspresi wajah olahragawan favorit Anda saat ia menyelinap melewati pertahanan terakhir menuju gol kemenangan. Ingat, menangkap momen cepat fotografi merupakan tindakan yang mungkin memerlukan lebih banyak latihan.

Foto Malam (fotografer : Yusaprilsyah)

7. Lihatlah cahaya

Bukan berarti melihat langsung ke matahari, tidak sama sekali. Tapi itu baik untuk melihat dengan jenis cahaya apa Anda bekerja, atau mengetahui arah mana bayangan jatuh. Kecuali jika Anda ingin efek siluet, di mana subjek Anda hitam terhadap latar belakang yang menarik, umumnya menembak dengan matahari di belakang Anda.

Bagaimana cahaya mempengaruhi objek Anda? Apakah objek yang membuat Anda menyipitkan mata?

Apakah cahaya menyala langsung dan terang pada seluruh objek Anda? Hal ini bekerja dengan baik jika Anda sedang jatuh cinta dengan warna-warna berani dari objek Anda.

Pencahayaan di sisi lain, dapat menambahkan drama tetapi juga dapat menyebabkan ekstrim, sulit kontras.

Terakhir, indirect light dapat digunakan untuk membuat cahaya subjek Anda lembut dan cantik.

Cahaya sisi yang menggelapkan sebagian, this is my boy..

8. Amati cuaca

Lihat ke luar dan putuskan apakah Anda ingin memperlihatkan langit dalam gambar Anda.

Jika cuaca mendung, buatlah langit keluar dari gambar Anda sebanyak mungkin. Ini biasanya merupakan cara terbaik untuk menghindari kedua nada teredam dalam objek Anda dan dicuci oleh langit di latar belakang Anda. Anda juga mungkin menemukan gambar hitam dan putih yang lebih menyenangkan dari sebuah cuaca yang mendung.

Jika kamera Anda memungkinkan untuk penggunaan filter, belilah sebuah polarizer. Ini akan membantu Anda membuat langit lebih biru terhadap awan putih terang, kaya warna kontras, dan efek indah lainnya dengan sentuhan sederhana.

9. Buat sederhana

Ini tidak berarti membuat kamera Anda selalu dalam set mode  “Program”, sementara mode ini dapat menjadi sempurna dalam kesederhanaan, tapi mungkin membuat frustasi dalam kontrol tirani.

Daripada mengandalkan program sepenuhnya yang otomatis, lakukan pemilihan, sederhana saja dalam semi-otomatis program seperti aperture-prioritas. Kemudian, Anda akan dapat mengontrol dasar-dasar tertentu tanpa membiarkan dasar-dasar lain mengendalikan Anda.

Tip: jika Anda ingin satu aksesori, bawalah tripod. Ini dapat memecahkan masalah kamera goyang dan membantu Anda mendapatkan gambar malam yang indah.

10. Buat lebih tebal

Jangan biarkan diri Anda dilumpuhkan oleh ketakutan menggunakan pengaturan yang salah, atau kebijakan non-politik sosial.

Jika Anda takut mengganggu seseorang dengan mengambil gambar mereka, bertanyalah apakah itu tidak masalah. Mintalah mereka untuk menandatangani rilis dan menawarkan cetak sebagai balasannya (untuk yang pro).

Untuk satwa liar, adopsi metode low-impact dari fotografer lain ketika Anda berada di berbagai tempat di mana beberapa fotografer telah pergi kesana sebelumnya.

Jadilah bijaksana … tapi berani.

Leave a comment

Leave a comment

Danang Images

My Blog, My Inspiration

Insan Swadesi

Dahulukan usaha, baru cari bantuan

classphotography

tips photography dan teknologi photography terbaru

Lora Mercado

Life. Art. Photography.