Pengetahuan dasar dan tips menggunakan filter lensa

Kita dapat menemukan cara untuk mempersingkat jumlah waktu yang kita habiskan untuk editing pasca-produksi, berarti waktu ekstra dapat kita menghabiskan di lapangan untuk mengambil foto lebih banyak. Sebagai fotografer, kita harus selalu berusaha untuk mengambil foto-foto yang dapat langsung jadi hanya dengan kamera, yang berarti menggunakan segala pengetahuan kita tentang bagaimana fotografi dapat bekerja dengan baik di tempat pengambilan foto dengan menghemat sebagian besar dari waktu “editing”.

Salah satu trik yang telah ada selama berabad-abad adalah penggunaan filter. Walaupun saat ini perangkat lunak editing digital yang canggih telah menyediakan fitur efek filter sebagai proses editing, namun software tersebut tidak memberikan waktu yang cukup cepat yang mampu membuat foto seperti profesional. Plus, bayangkan saja filter hanya mengambil beberapa detik untuk ditempatkan di depan lensa Anda lalu siap untuk digunakan.

Berikut adalah daftar dari beberapa filter yang paling umum yang tersedia di pasar yang mungkin sesuai dengan kebutuhan Anda.

Filter dan Lens Cap oleh jeff_golden

Neutral Density Filter – Sebuah filter ND dirancang untuk membatasi jumlah cahaya yang melewati lensa dan sensor pada kamera Anda. Filter tersebut hadir dalam berbagai kemampuan yang biasanya akan memblokir dari skala 1 sampai 6 (kadang bahkan sampai 10) cahaya, Anda dapat menggunakannya untuk memblokir jumlah yang tepat cahaya.

Hal ini berguna ketika Anda mencoba untuk menangkap blur pada kondisi terang. Katakanlah, misalnya, Anda memotret patung, tetapi ingin lalu lintas yang lewat di latar belakang menjadi kurang terlihat. Menggunakan filter ND dan biarkan rana Anda tetap terbuka sedikit lebih lama sehingga lalu lintas bergerak mengabur dengan sendirinya.

Sebuah variasi umum dari filter ND disebut natural density filter. Desainnya memberikan efek ND yang kuat pada salah satu bagian dari filter dan secara bertahap memudar keluar. Jenis ND filter biasanya digunakan untuk foto lanskap karena akan menurunkan kecerahan langit, sehingga keseimbangan cahaya pada lanskap menjadi seimbang.

Filter kepadatan netral (ND) sangat membantu pada saat pengambilan gambar di luar ruangan, banyak dari kita mengabaikan untuk menyadari nilai yang telah mereka miliki di studio. Jika lampu studio Anda diset ke minimum dan masih terlalu terang, sebagian orang akan memperbaiki hal tersebut hanya dengan memindahkan lampu menjauh dari subjek. Meskipun hal ini akan mengurangi kerasnya cahaya, Anda juga akan mengorbankan jumlah cahaya jatuh, yang dapat menjadi sangat penting untuk beberapa foto. Sebuah cara sederhana untuk hal seperti ini adalah dengan menggunakan filter ND untuk menurunkan intensitasnya. Contoh Foto di bawah. Diambil pada siang hari menggunakan filter kepadatan netral.

Nafas. oleh digitalpimp

Polarizing Filter – Ada dua jenis filter polarisasi : linier dan circular. Keduanya bagus untuk menghilangkan silau dari permukaan reflektif seperti air, sehingga tampil lebih transparan. Juga digunakan untuk meningkatkan warna dan kontras dari sebuah foto mirip dengan penggunaan filter kepadatan netral. Bagi kebanyakan fotografer, bagaimanapun juga, filter polarisasi circular (CPL) yang paling sering digunakan.

Sebuah polarizer linear hanya mampu mem-polarisasi sinar yang melewati lensa pada orientasi tunggal (yaitu 90 atau 45 derajat), sedangkan sebuah polarizer circular akan mem-polarisasi cahaya yang melewatinya pada sudut tertentu DAN sirkuler. Bila menggunakan filter polarisasi circular, pasang pada akhir lensa Anda dan putar sambil melihat melalui view finder, Anda akan melihat perubahan saturasi warna, hal tersebut akan memperlihatkan live preview apa yang filter dilakukan. Foto di bawah ini, menggunakan polarizer yang meminimalkan refleksi di laut dan membiarkan foto secara keseluruhan untuk mempertahankan lebih dari warna alami itu.

Waipio Valley by paul (Dex)

UV Filter – filter sederhana ini merupakan filter yang paling mungkin untuk memberikan hasil dengan segera. Yang digunakan untuk mengurangi blur bila digunakan dengan beberapa jenis kamera, tapi kegunaan sebenarnya adalah sebagai pengawal untuk lensa mahal Anda. Anda dapat menempatkannya pada salah satu lensa Anda setiap saat tanpa mempengaruhi foto Anda dan akan membantu menutup lensa Anda dari debu dan kelembaban di samping memberikan lensa Anda lapisan tambahan untuk melindunginya dari goresan dan kerusakan fisik. Karena mereka sangat murah, maka itu cara yang bagus untuk melindungi investasi Anda.

Infrared Filter – filter inframerah kurang berguna dalam fotografi sehari-hari yang memproduksi gambar realistis. Revolusi digital telah dibuat dengan menggunakan teknologi inframerah menjadi lebih mudah. Filter bekerja dengan memblokir semua cahaya kecuali cahaya inframerah. Karena memblokir cahaya begitu banyak, maka Anda akan perlu menggunakan tripod dan waktu paparan yang lama. Hasilnya seperti gambar mimpi dengan pergeseran warna yang menarik dan penampilan yang sangat bersalju. Ini menyenangkan, sebaiknya filter ini ada di tas Anda.

Grand Cypress oleh Kyle Mei

Ketika membeli filter lensa, ada beberapa hal yang perlu diingat. Pertama-tama, selalu berusaha untuk membeli filter dengan kualitas terbaik yang Anda mampu. Dengan penambahan filter, Anda pada dasarnya sedang menempatkan sepotong layer tambahan ke depan kaca lensa Anda. Jika Anda menembak melalui lensa yang sangat mahal, mengapa anda ingin menurunkan kualitasnya dengan menggunakan filter yang murah?

Akhirnya, daripada membeli ukuran yang berbeda untuk jenis filter yang sama untuk setiap lensa Anda, lebih baik membeli satu ukuran filter terbesar dan menggunakan cincin konektor untuk membuatnya bekerja pada lensa Anda yang lebih kecil.

Demikian pengetahuan dasar dan tips menggunakan filter, teruslah eksplor. Selamat mencoba dan saya tunggu sharingnya…

Sumber

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Danang Images

My Blog, My Inspiration

Insan Swadesi

Dahulukan usaha, baru cari bantuan

iKKi FotoNote's

Rekam Jejak Idup Anda Dengan Blog, Lets Go-Blog

classphotography

tips photography dan teknologi photography terbaru

herdailydigest

Travel. Explore. Share.

Lora Mercado

Life. Art. Photography.

ATELIER c157

- ART & PHOTOGRAPHY -

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

%d bloggers like this: