Apa yang Harus Anda Ketahui yang Kamera Anda TIDAK Bisa Lakukan

Judul diatas tidak perlu Anda khawatirkan, karena itu bukan hanya untuk kamera yang Anda miliki, tapi untuk semua kamera. Apa yang kamera tidak bisa lakukan adalah melihat seperti mata manusia. Anda mungkin akan setuju tapi di sini mengapa itu menjadi begitu penting.

Untuk penjelasan ilmiahnya tidak perlu yang rumit. Mata manusia dapat melihat pada range 15-20 f / stop dalam sebuah adegan tertentu. Kebanyakan kamera hanya bisa melihat pada sekitar 8 f / stop dalam sebuah adegan tertentu. Terjemahannya, mata kita dapat melihat lebih banyak cahaya dalam satu adegan daripada sebuah kamera.

class2

Perbandingan Range Kamera dan Mata manusia

MENGAPA INI PENTING

Sebagai seorang fotografer, adalah penting untuk menjaga rentang nilai yang terbatas dalam pikiran saat pemotretan. Pikirkan hari musim panas yang cerah, Anda berada di taman dan beberapa anak-anak sedang bermain. Kemudian Anda memutuskan untuk mengambil sebuah gambar. Bam, tiba-tiba langit berubah dan bayangan di bawah pohon-pohon yang menjadi hitam. Anda meminta kamera Anda untuk melakukan sesuatu yang TIDAK bisa dilakukan. Sementara mata kita melihat awan putih besar di langit biru dan tupai berlari di bawah pohon pada saat yang sama, kamera tidak bisa. Kita tidak bisa mengharapkan secara realistis kamera kita untuk menangkap adegan ini seperti yang sedang kita lihat. Ini seperti mengirimkan tim sepak bola anak-anak (kalo bukan timnas ya?? hehe) ke pertandingan sepakbola dunia dan mengharapkan mereka menjadi pemenang, itu tidak akan terjadi.

APA YANG TERJADI?

Light meter kamera yang melihat segala sesuatu yang masuk melalui lensa, bersama dengan komputer onboard kamera (di auto / program mode) itu rata-rata menampilkan eksposur yang seolah-olah segala sesuatu terlihat OK di foto, minus langit dan bayangan yang baik. Highlights dicatat sebagai putih murni tanpa detail, atau seperti dibesar-besarkan. Bayang-bayang dicatat sebagai sisi hitam dengan tidak detail samasekali. Kita semua telah melihat gambar seperti ini tak terhitung jumlahnya. Kamera tidak tahu apa subjek foto tersebut, ia hanya mencoba untuk menangkap gambar rata-rata berdasarkan apa yang ada di depannya. Padahal mungkin saja yang ingin kita tampilkan justru yang ada di dalam kegelapan bayangan atau salah satu bagian dari cerahnya langit.

ANDA YANG MENEMBAK

Ini adalah Anda, seorang fotografer, datang untuk mengatur kamera Anda, apapun jenisnya. Kamera ada di tangan Anda. Beberapa keputusan perlu dibuat, contohnya seperti “apa yang penting dalam sebuah foto?”. Anda mengetahui cahaya terbatas pada kisaran gelap kamera Anda, Anda perlu untuk bekerja dalam jangkauan yang sedekat mungkin. Berikut adalah beberapa solusi yang tersedia yang harus Anda pertimbangkan dalam keputusan kreatif Anda dalam proses pembuatan sebuah foto:

TEMBAK DI WAKTU YANG BERBEDA – Hal ini biasanya akan menghasilkan hasil terbaik. Cahaya awal pagi atau cahaya sore akan memberikan efek cahaya yang lebih berwarna-warni, lembut dalam kisaran yang lebih kecil, itu juga sebagai info bahwa kamera Anda dapat “melihat” dari terang ke gelap.

PERTIMBANGKAN Sebuah SUDUT YANG BERBEDA – Berjalan di sekitar adegan dan melihat apakah ada pandangan yang berbeda dengan kisaran cahaya, dengan lampu yang ekstrim atau tidak ada sama sekali. Pastikan untuk menyipitkan mata untuk melihat adegan yang lebih baik. Menyipitkan mata untuk “melihat” lebih baik.

class1

Buang langit dan bayangan

MENGHILANGKAN UNSUR NON-ESENSIAL – Sebuah contoh yang baik adalah langit, jika tidak elemen penting dalam foto, hilangkan itu (di kamera) dengan croping,  zoom in, atau bergerak dari posisi Anda. Lihat contoh diatas. Membuang bagian terang high eksposur keluar dari kamera Anda dan akan menghitung ulang eksposur yang akan menambah rincian lebih lanjut pada pertengahan dan daerah bayangan.

EXPOSE UNTUK HAL YANG PENTING – Katakanlah Anda akan mengambil gambar orang dengan langit yang benar-benar cerah di belakang mereka. Untuk contoh ini kita asumsikan Anda tidak bisa memindahkan mereka, atau merubah waktu pengambilan. Satu hal yang dapat Anda lakukan adalah mendekat dengan model Anda. Rubah mode program, lalu  kamera fokuskan mengarah ke wajah orang tersebut, tanpa memperlihatkan langit sama sekali di view finder. Tekan setengah pada shutter release dan membuat catatan dari bacaan komposisi (ex. 1/200 pada f / 8). Kembali ke posisi semula Anda (tempat Anda berdiri sebelumnya), ubah kamera ke mode manual dan masukkan pengaturan sebelumnya, 1/200 pada f / 8. Saat ini komposisi kamera Anda sudah pas untuk wajah mereka, bukan latar belakang. Latar belakang akan memutih berlebih, tetapi objek orang akan terlihat dengan baik. Hal ini juga dapat memberikan beberapa efek yang cool, jika Anda mau bereksperimen.

RESORT TO MAGIC – fotografi HDR High Dynamic Range cukup populer. Jika kamera Anda memiliki fasilitas HDR, Anda dapat mencobanya untuk mengatasi situasi backround yang sangat cerah. Dalam menghasilkan gambar HDR Anda perlu untuk benar-benar stand (biasanya menggunakan tripod). Beberapa gambar dari satu adegan akan diambil dalam variasi eksposur yang berbeda. Kemudian, kamera tersebut akan menggabungkan beberapa gambar tersebut menghasilkan eksposur rata-rata. Atau Anda dapat mencobanya dengan menggunakan berbagai perangkat lunak (misalnya Photoshop, Photomatrix, dll) gambar dapat dikombinasikan untuk mencakup semua variasi eksposur.

Semoga bermanfaat, dan apabila Anda sudah mencobanya, saya menunggu kesan Anda disini.

 

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Danang Images

My Blog, My Inspiration

Insan Swadesi

Dahulukan usaha, baru cari bantuan

iKKi FotoNote's

Rekam Jejak Idup Anda Dengan Blog, Lets Go-Blog

classphotography

tips photography dan teknologi photography terbaru

herdailydigest

Travel. Explore. Share.

Lora Mercado

Life. Art. Photography.

ATELIER c157

- ART & PHOTOGRAPHY -

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

%d bloggers like this: