Memilih DSRL sesuai kebutuhan

t3i_586x186

Click Here for Review Canon EOS Rebel T3i 18 MP

Kamera DSLR menjadi semakin murah seiring semakin banyaknya jenis-jenis kamera yang muncul di pasaran sehingga memaksa produsen kamera untuk selalu mengembangkan model yang lebih mudah bagi pengguna.

Jika sebelumnya saya lebih banyak menulis tentang perbandingan kamera dan pengetahuan tentang fotografi, kali ini saya ingin sedikit mengeksplorasi bagaimana memilih DSLR yang baik.

Bahasannya adalah tentang beberapa hal sbb:

1. 9 Alasan Upgrade ke Kamera DSLR
2. 8 Faktor pertimbangan ketika Memilih DSLR
3. Rekomendasi Kamera DSLR

Pertama, Anda mungkin sudah mulai berpikir ingin meng-upgrade kamera saku Anda ke DSLR.
Baiklah, apa saja alasan untuk Upgrade ke Kamera DSLR, kita akan coba kupas.

1. Kualitas Gambar – Karena ukuran yang lebih besar dari sensor gambar dalam DSLRs memungkinkan untuk ukuran piksel yang lebih besar – DSLR umumnya dapat digunakan pada ISO yang lebih cepat yang akan menyebabkan kecepatan rana yang lebih cepat dan minus grain (contohnya, menembak dengan ISO 1600 pada kamera DSLR akan menghasilkan lebih sedikit noise dibanding menembak dengan ISO 1600 pada Point and Shoot atau kamera instant lainnya). DSLRs juga memiliki noise-reduction  (built-in) saat membuat gambar JPG yang juga akan membantu mengurangi noise.

2. Kemampuan beradaptasi – kemampuan DSLR untuk menggunakan beragam jenis lensa membuka kemungkinan bagi fotografer untuk lebih mengeksplorasi. DSLR dapat dipasang dengan banyak lensa berkualitas tinggi mulai dari sudut lebar ke super focal length panjang tergantung pada objek apa yang diambil (dan tentu saja anggarannya). Lalu tambahkan berbagai aksesoris lainnya (flash, filter dll), DSLR dapat disesuaikan dengan situasi yang berbeda. Perlu dicatat bahwa ketika memilih jenis lensa dalam kualitas lensa yang juga beragam, kualitas gambar sangat terpengaruh oleh kualitas lensa yang Anda gunakan.

3. Kecepatan – DSLR umumnya cukup cepat dalam proses pengambilan gambar, baik untuk persiapan, seting fokus dan shutter lag.

4. Viewfinder optik – karena penggunaan cermin reflektor pada DSLR menjadikan apa yang Anda lihat adalah apa yang akan Anda dapatkan.

5. Besar rentang ISO – ini bervariasi antara kamera DSLR tetapi umumnya menawarkan beragam pengaturan ISO yang cocok untuk fleksibilitas mereka dalam penembakan dalam kondisi yang berbeda.

6. Kontrol Manual – sementara banyak kamera instan datang dengan kemampuan untuk menembak dalam mode manual, DSLR dirancang sedemikian rupa sehingga diasumsikan bahwa fotografer menggunakannya akan melakukan  pengontrolan pengaturan mereka sendiri.

7. Mempertahankan Nilai – Model DSLR tidak bisa memperbarui nilai sesering kamera instan (yang dapat diperbarui dua kali dalam setahun). Faktor lain yang mendukung DSLRs adalah bahwa lensa yang Anda beli kompatibel dengan kamera lain jika Anda memilih untuk meng-upgrade nanti (selama Anda tetap dengan merek Anda). Ini berarti investasi Anda dalam lensa tidak terbuang selama bertahun-tahun.

8. Depth of Field – salah satu hal yang lebih disukai dari DSLR adalah fleksibilitas pada pengambilan gambar di banyak konsisi lingkungan, terutama pada keunggulan kedalaman gambar (depth of field). Hal ini benar-benar merupakan peng-efektif-an dari kontrol manual dan kemampuan untuk menggunakan berbagai lensa, namun dapat memberikan kedalaman gambar yang memisahkan segala sesuatu foreground dengan sangat jelas terhadap latar belakang dalam fokus yang baik dan latar belakang bokeh yang baik.

9. Kualitas Optik - pada poin ini mungkin ada perbedaan besar kualitas antara beberapa lensa DSLR namun secara umum lensa yang Anda gunakan di DSLR lebih unggul dibanding kamera instan. Disarankan kepada pemilik DSLR untuk membeli lensa dengan kualitas terbaik yang mereka mampu.

Sebelum kita sampai pada bagaimana membeli DSLR yang baik, perlu diingat bahwa DSLR tidak untuk semua orang. Namun secara umum ini akan membantu Anda untuk memutuskan apakah Anda harus tetap dengan kamera instan atau upgrade ke DSRL.

Jadi bagaimana pertimbangan Anda ketika ingin membeli DSLR? Ada berbagai peningkatan di berbagai segi dari kamera di pasaran sehingga Anda memiliki banyak pilihan.

Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan ketika mencari DSLR:

1. Harga – tempat yang baik untuk membeli DSLR adalah tempat dimana dijual kamera dengan harga yang jelas. Harga DSLRs memiliki varian yang cukup jauh, dari yang cukup terjangkau sampai harga yang sangat tinggi untuk kelas profesional. Anda harus menentukan anggaran dulu untuk pembelian tapi pastikan juga bahwa Anda mengingat bahwa Anda harus mempertimbangkan biaya perangkat lain seperti:

- Lensa (beberapa menawarkan ‘lensa kit’ tapi Anda harus mempertimbangkan bila ingin upgrade – lihat di bawah untuk lebih lanjut tentang ini)
- Baterai (semua model akan memiliki satu baterai, tetapi jika Anda bepergian Anda mungkin perlu cadangan)
- Memory Card (beberapa model sudah dilengkapi dengan satu memory card tetapi sebagian besar tidak memadai dalam hal ukuran. Bahkan jika Anda cukup beruntung memiliki satu kapasitas yang besar, Anda mungkin ingin meng-upgrade setidaknya ukuran gigabyte).
- Camera Bag (beberapa dealer mungkin akan memberikan bonus tas, tapi sekali lagi mungkin kita tidak mengharapkan mendapatkan kualitas tas yang tinggi, DSRL Anda adalah sesuatu yang layak dilindungi. Berinvestasilah untuk sebuah tas yang baik)
- Filter (setidaknya Anda mungkin ingin mendapatkan UV filter untuk setiap lensa yang Anda membeli, tetapi Anda juga mungkin ingin mempertimbangkan jenis lain).
- Extended warrantees (ada berbagai pendapat tentang apakah hal ini baik atau tidak, namun layak dipertimbangkan)

2. Untuk apa kamera ini Anda gunakan? – Ketika Anda datang ke sebuah toko kamera untuk membeli sebuah jenis kamera, maka sebagian besar penjual akan menanyakan apa jenis fotografi yang ingin Anda lakukan. Sebaiknya bertanyalah pada diri Anda sendiri pertanyaan ini karena itu akan membantu Anda berpikir jenis fitur dan aksesori yang bagaimana yang Anda butuhkan.

Apakah tujuan umum kamera untuk merekam kehidupan sehari-hari? Apakah untuk traveling? Apakah untuk fotografi olahraga? Makro Fotografi? Fotografi pencahayaan Rendah? Buatlah daftar jenis fotografi Anda (catatan : sangat mudah untuk bermimpi segala macam hal yang akan dilakukan, tetapi dalam kenyataannya kebanyakan dari kita hanya melakukan setengah dari apa yang kita pikirkan).

3. Ukuran – semua DSLRs memiliki ukuran yang cukup besar daripada kamera instan, tetapi ada sedikit variasi dalam ukuran antara kamera. Beberapa fotografer ada yang suka membawa peralatan yang berat, tetapi jika Anda akan menggunakannya untuk perjalanan fotografi maka model kecil dan ringan akan lebih baik.

4. Aksesoris – hal menarik tentang DSLRs adalah bahwa dalam banyak kasus dapat kompatibel dengan beberapa peralatan yang mungkin telah Anda miliki.

* Terutama untuk lensa, kemungkinan besar bahwa jika Anda memiliki sebuah lensa DSLR akan kompatibel dengan kamera DSLR yang dibuat oleh produsen yang sama. Namun jangan berasumsi bahwa semua lensa akan kompatibel (terutama keluaran lama), walaupun hal ini layak dipertimbangkan dalam rangka menghemat uang yang cukup besar.
* Jika Anda memiliki kamera instan, Anda mungkin juga ingin mencari jenis memory card yang dibutuhkan karena beberapa model DSLR juga bisa kompatibel dengan jenis itu. Hal ini mungkin tidak akan menjadi pertimbangan utama sebagai aksesoris yang lebih murah tapi bisa menjadi faktor yang harus dipertimbangkan.

5. Resolusi – ‘berapa megapixels yang dimiliki oleh kamera?’ ini mungkin pertanyaan pertama yang sering ditanya dari sebuah kamera baru. Sementara itu banyak fotografer yang justru berpikir bahwa ‘megapixel’ kadang-kadang lebih diutamankan (lebih banyak namun tidak selalu yang terbaik). Megapixels ikut bermain ketika Anda mempertimbangkan bagaimana Anda akan menggunakan gambar Anda. Jika kemudian Anda ingin mencetak pembesaran gambar, mungkin lebih baik, namun jika Anda hanya akan mencetak dalam ukuran kecil atau menggunakannya untuk e-mail maka itu tidak begitu penting.

6. Ukuran sensor – Pertanyaan lain yang terkait untuk dipertimbangkan adalah seberapa besar sensor gambar. Istilah ‘crop factor’ muncul ketika Anda berbicara tentang ukuran sensor gambar. Secara umum sensor yang lebih besar memiliki beberapa keunggulan dibandingkan yang lebih kecil (meskipun ada biaya juga). Kupasan masalah ini harus dikupas lebih dalam, mungkin di kesempatan yang lain.

7. Upgrade yang akan datang – Anda akan kembali berada dalam posisi harus meng-upgrade kamera Anda lagi di masa mendatang. Sementara DSLRs yang menarik dipasaran memiliki tingkatan harga yang cenderung lebih cepat daripada model-model yang memiliki fitur yang lebih tinggi keluaran terakhir dan Anda menjalankan resiko memiliki pertumbuhan keahlian Anda yang berkembang, sehingga Anda akan haus untuk fitur yang lebih profesional. Tanyakan kepada diri Anda beberapa pertanyaan tentang tingkatan keahlian Anda saat ini dalam fotografi dan apakah Anda adalah tipe orang yang belajar bagaimana menguasai sesuatu dan kemudian ingin berpindah ke model yang lebih tinggi yang akan memberikan Anda kontrol dan fitur yang lebih tinggi. Ini adalah pertanyaan yang sulit tetapi mungkin berguna untuk Anda merencanakan investasi dalam jangka pendek untuk model yang mungkin menjadi arah dari keahlian Anda nantinya.

8. Fitur lain

Kebanyakan DSLRs memiliki sebagian besar fitur yang mungkin akan membingungkan Anda pada awalnya, ketika Anda membandingkannya dengan satu sama lain. Semua memiliki fitur dasar seperti kemampuan untuk menggunakan aperture priority dan shutter, auto atau manual fokus dll. Tetapi ada juga banyak variasi yang tidak ditawarkan. Berikut adalah beberapa fitur yang lebih umum yang Anda mungkin ingin mempertimbangkan:

Burst Mode – kemampuan untuk menembak ledakan gambar dengan cepat dengan hanya menekan shutter release, biasanya untuk fotografi olahraga dan action fotografi. DSLRs memiliki kemampuan variasi dalam jumlah frame yang dapat diambil  per detik atau berapa banyak gambar yang bisa diambil dalam satu burst.
Shutter Kecepatan Maksimum – sebagian besar DSLRs memiliki kisaran pada kecepatan yang tersedia untuk Anda tetapi beberapa kamera memiliki beberapa kecepatan yang sangat mengesankan, hal tersebut juga akan sangat berguna jika Anda fotografer olahraga atau action.
Ratings ISO – kebanyakan DSLRs akan menawarkan berbagai pengaturan ISO tetapi beberapa kamera dapat membawa ke tingkat berikutnya yang berguna dalam fotografi cahaya rendah.
LCD Ukuran – perbedaan setengah inci lebih besar ketika Anda melihat gambar di LCD kamera Anda, meskipun tidak akan mengubah cara Anda mengambil foto (karena orang cenderung menggunakan viewfinder), tentu bisa menyenangkan untuk melihat gambar Anda di layar yang lebih besar.
Anti Shake – Salah satu fitur terbaru adalah teknologi anti goyang. Meskipun umumnya dalam kamera saat ini sudah memiliki teknologi ‘image stabilization’ di lensa, namun ide teknologi anti goyang yang dibangun ke dalam tubuh kamera adalah sesuatu yang menarik.
Perlindungan debu – fitur lain yang mulai muncul di babak terbaru dari kamera adalah pelindung debu untuk sensor gambar (dalam beberapa kamera terdapat fasilitas pembersihan diri untuk sensor gambar) – sesuatu yang akan membantu meringankan banyak fotografer terhadap permasalahan DSLR yang mereka miliki. Untuk saat ini fitur tersebut terletak pada ujung bawah DSLR dan pasti muncul pada model profesional.
Konektivitas – Untuk mendapatkan foto dari DSLR Anda pada saat ini pada umumnya melalui komputer atau printer dengan sambungan USB, tetapi beberapa kamera dapat memiliki sambungan FireWire dan / atau Wireless.
Semi Auto Mode – Seperti kamera instan, DSLR juga banyak yang datang dengan berbagai mode pemotretan. Umumnya mencakup mode ‘potret’, ‘sport’, ‘night’ dll. Jika Anda mengandalkan mode ini, Anda juga dapat menggunakannya pada DSLR Anda. DSLRs terbaru fitur lebih tinggi malah sering tidak memiliki mode tersebut.
Flash – Umumnya DSLRs kelas profesional tidak menawarkan built in flash dan hanya memiliki hotshoe, sementara DSLRs tingkat menengah menyediakan built in flash.

Sementara ini dulu beberapa pertimbangan untuk memilih DSLR, pada lain kesempatan, kita akan bahas lebih lanjut dan lebih dalam. Semoga bermanfaat dan selamat membeli kamera DSRL..

About these ads
Leave a comment

2 Comments

  1. Bakakak Ayam

     /  October 28, 2013

    Suhu agan mohon petunjuk dong, ane mo beli dslr. Menurut agan mending eos 650d atau eos 60d? Klo 650d ane kesengsrem ama touch screen nya, tp 60d ud pake penta prisma. Ditunggu jwbn nya gan…BTW tips tips nya oke bgt buat nubie kaya ane

    Reply
    • Waduh, ane dipanggil suhu, panas apa dingin nih.. hehe
      Comparing eos 650d atau 60d? begini gan, ane gak bisa secara selera ane trus bilang ke agan apa yg harus agan beli, klo cuman alasan nubie itu kan cuman masalah waktu, lama2 agan bukan nubie lagi kan? tapi klo berdasarkan kocek, bole juga coba yang betul2 full facility, toh ada duitnya kan gan?
      Tapi bole lah bila mau dibandingkan dua kamera itu secara speknya, yuukkk mari..
      Secara keunggulan spek yang dimiliki, orang lebih memilih 60d, alasannya : pertama, karena ketangguhannya dalam segala cuaca, bahkan ekstrim sekalipun. kemudian keunggulan baterainya (bisa 1100 shots sekali isi, bisa keriting telunjuknya gan). lalu keunggulan dalam mode movie dan terakhir karena 60d punya motor focus built in camera, artinya agan bisa pake lensa apa pun, mau yang manual maupun matic, ia tetap dapat auto focus.
      Tapi kelebihan 650d juga gak bisa diabaikan, selain ia punya touch screen, ia juga baik dalam mode movie bahkan continuous focus, dan yang paling ane suka ia punya fasilitas HDR, ini memungkinkan kita untuk poto2 di lingkungan luar dengan intensitas cahaya berlebih.
      Demikian gan, semoga dapat jadi pertimbangan, selebihnya monggo dipilih.. dipiliiihh….

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Danang Images

My Blog, My Inspiration

Insan Swadesi

Dahulukan usaha, baru cari bantuan

iKijadul PhotoNote's

Mari berkreasi untuk ciptakan Indonesia yang kreatif

classphotography

tips photography dan teknologi photography terbaru

herdailydigest

Blogs and Photos about her Travels and Her New Home: UAE

Lora Mercado

Life. Art. Photography.

ATELIER c157

- ART & PHOTOGRAPHY -

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: