Tips fotografi olahraga ala pro

Apakah Anda suka foto olahraga (sport photos)? Fotografi olahraga membuat banyak kesempatan untuk menangkap citra dramatis yang hidup dari sebuah momen olahraga yang akan dapat dinikmati seumur hidup. Tidak ada media lain yang membuat anda berdebar, serta pola warna hidup yang menarik dan kesempatan menembak yang unik selain menghasilkan sebuat foto beku dari kegiatan olahraga. Serius..

Kali ini saya coba menyampaikan beberapa trik khusus dari beberapa sumber fotografer olahraga, yang apabila diterapkan dengan benar, maka Anda sudah dapat menghasilkan sebuah foto olahraga yang baik.

Ada delapan tips, yang kuncinya adalah untuk selalu menjaga shoot! “Practice makes perfect”, dan pastikan Anda memiliki tangan yang mantap dan siap ketika momen besar itu terjadi.

tips1

Api dari sebuah kecelakaan balap mobil

1. Bersiaplah untuk menggunakan ISO Tinggi

Mencoba menangkap gambar yang sempurna tapi mungkin dengan pencahayaan yang tidak cukup? Untuk menghentikan aksi pada sebuah pertandingan membutuhkan kecepatan rana yang lebih tinggi? Meningkatkan ISO pada kamera Anda akan memungkinkan Anda untuk menembak pada kecepatan rana yang lebih tinggi, memberikan Anda kesempatan yang lebih baik untuk mendapatkan gambar yang sempurna.

Fotografer olahraga profesional menggunakan kecepatan rana sekitar 1/1000 untuk menghentikan gerakan. Pada siang hari, ini akan menjadi sangat sederhana, namun pada malam hari, Anda mungkin perlu Stop F yang lebih cepat. Sebagai kompromi, Anda mungkin perlu meningkatkan ISO kamera Anda. Ini memungkinkan kamera Anda untuk melihat lebih banyak cahaya.

Jika Anda shoot dengan kamera terbaru seperti Nikon D700 atau Canon 5d Mark II, Anda benar-benar dapat menggunakan ISO sampai dengan tingkat tertinggi (3200 ISO) dan gambar Anda akan tetap terlihat bagus. Di masa lalu, lebih tinggi ISO berarti lebih banyak noise di foto Anda. Dengan sistem kamera baru, gambar akan tetap tampak baik di tingkat ISO manapun.

Tergantung pada kamera, Anda juga mungkin ingin menggunakan ISO Auto untuk memungkinkan kamera secara otomatis memilih pengaturan ISO yang terbaik untuk Anda. Salah satu fitur unik tentang ini adalah bahwa sistem otomatis tidak mengubah ISO Anda pada langkah yang penuh, melainkan mungkin hanya dapat mengubah ISO pada range yang kecil saja (dari 200 sampai 210). Pertimbangkan pengaturan ini jika Anda baru mulai menggunakan pengaturan ISO untuk pemotretan.

tips 2

Diambil pada malam hari menggunakan ISO 1600

2. Cobalah Sesuatu yang berbeda

Saat memotret, harus asli dan mencoba sesuatu yang berbeda. Anda tidak perlu menjadi fotografer olahraga profesional untuk mencoba sesuatu yang berbeda. Selalu mencari sudut baru dan ide-ide, meskipun pada even olahraga yang kecil.

Dengan mencoba sesuatu yang berbeda, Anda membiarkan kreativitas Anda untuk berkembang dan menangkap sesuatu yang orang lain tidak memiliki.

tips 3

Gambar ini diambil melalui kaca depan NASCAR

3. Jangan Lupakan Lingkungan

Jangan lupa lingkungan Anda. Apakah itu sebuah stadion yang penuh dengan penggemar yang bersorak-sorai, sampai keluar Tailgating, lingkungan menyajikan kesempatan unik untuk menangkap semangat permainan.

Sebelum kick-off, Tailgating adalah tempat yang bagus untuk menangkap gambar dari penggemar sejati sebelum pertandingan.

Sebelum ujung dari sebuah pertandingan basket, sisi podium juri juga merupakan tempat yang tepat untuk menembak gambar semangat tim.

Bahkan setelah pertandingan dimulai, jangan lupa lingkungan. Jika Anda memiliki lensa yang lebih luas, seperti 10.5mm atau 14mm, memanjatlah setinggi yang Anda bisa dan ambil gambar yang menunjukkan seluruh stadion yang penuh dengan penggemar yang bersorak-sorai.

tips 4

Foto ini menunjukkan seluruh stadion

4. Bersiaplah Dengan Peralatan Belt atau Bag

Pernah bertanya-tanya mengapa olahraga fotografer membawa peralatan begitu banyak? Itu karena mereka harus membangun otot yang lebih besar sambil berjalan.

Setelah Anda berada di sela-sela atau di tengah-tengah aksi, maka sulit bagi Anda untuk lari dan mengalami perubahan peralatan. Banyak fotografer olahraga menggunakan salah satu dari tiga hal untuk membawa peralatan mereka saat bekerja yaitu: fanny pack, sistem sabuk (belt) atau rompi.

Rompi Foto yang keren beberapa tahun yang lalu, sekarang tidak praktis lagi dengan semua lensa yang Anda butuhkan bila digunakan untuk membawa dengan cepat. Sistem sabuk lebih baik. Sistem sabuk yang memiliki 6 sarung dapat digunakan pada satu waktu, mulai dari pemegang lensa besar untuk sekejap.

Sistem sabuk memungkinkan untuk cepat mengubah antara lensa dan menyimpan semua kartu kompak (penyimpan data) secara bersama di tempat yang aman. Disamping itu, ini memungkinkan Anda untuk siap beraksi dengan berbagai lensa, karena memiliki sampul untuk sarung masing-masing, juga menawarkan perlindungan hujan untuk olahraga outdoor.

Beberapa perusahaan juga menawarkan “tas samping” yang dimaksudkan untuk digunakan untuk fotografi olahraga.

Kunci untuk memiliki sistem yang baik adalah menemukan satu yang cocok dan bekerja untuk kebutuhan spesifik Anda. Kunjungi toko kamera lokal, cobalah salah satunya, dan lihat apa yang terbaik untuk Anda.

tips 5

Foto balap sepeda

5. Lensa Panjang untuk Jalan Panjang

Kunci untuk menangkap gambar yang sempurna dalam olahraga merupakan parameter yang relatif sedikit. Salah satu hal yang paling penting adalah lensa. Fotografi olahraga, tidak seperti jenis lainnya, kadang-kadang membutuhkan peralatan terbesar dan paling mahal yang tersedia. Hal ini memungkinkan Anda untuk menembak dari mana saja di sekitar stadion, termasuk zona akhir dalam sepak bola.

Bisa  dikatakan, kadang-kadang untuk alasan utama. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, kamera sekarang dapat melakukan hal-hal keren dengan pengaturan ISO tinggi. Hal ini sekarang memungkinkan orang untuk menggunakan lensa lambat untuk olahraga, seperti f / 4.

Bila mencari lensa yang baik untuk fotografi olahraga, pertimbangkan faktor-faktor:

a. Pertimbangkan lensa panjang seperti 300mm atau 400mm jika Anda mampu membelinya. Jika tidak, mungkin dapat dimulai dengan 70-200mm.
b. Pilih lensa dengan f / stop f/2.8, f / 4. Hindari f/5.6.
c. Lensa yang lebih besar dan lebih berat, biasanya lebih baik.
d. Pastikan lensa memiliki tripod mount built in
e. Carilah lensa yang terujian waktu pemakaiannya: ada alasan Nikon dan Canon tidak sering mengubah lensa mereka secara sering.

Ketika membeli lensa yang baik, tidak seperti membeli body kamera baru. Sebuah lensa yang baik akan dpakai untuk setidaknya 10 tahun dengan perawatan yang tepat dan baik.
Lensa panjang memungkinkan Anda untuk menembak dari zona akhir lapangan sepak bola.

tips 6

Foto dari jarak jauh

6. Jangan “chimping”.

Definisi ini akan menjelaskan segalanya. Pada dasarnya, istilah “chimping” adalah ketika Anda memeriksa setiap foto yang Anda ambil pada LCD. Mengapa ini buruk? Dibutuhkan mata Anda dari setiap tindakan pada kamera. Ini buruk karena dua alasan: (1) Anda bisa terluka lebih mudah, dan (2) Anda mungkin kehilangan tembakan yang baik.

Sementara untuk meninjau gambar, ada waktu dan tempat untuk melakukannya. Dalam olahraga, setelah klik rana tidak ada kesempatan kedua. Anda harus beralih ke permainan berikutnya.

tips 7

Olahraga dirgantara

7. Penggunaan Kecepatan Shutter Lambat

Sebelumnya kita mengatakan untuk menggunakan 1/1000 dari satu detik untuk menangkap suatu pose dan menghentikannya …

Seiring dengan mencoba sesuatu yang berbeda Anda harus mencoba kecepatan rana yang berbeda kadang-kadang. Jika Anda menembak pemain bisbol dan ingin menangkap ayunan dalam siluet yang sempurna, saya tidak menyarankan f stop 1/60 per detik. Namun, jika Anda ingin tembakan latar belakang kabur, it works great.

Banyak fotografer profesional menggunakan teknik ini untuk menambahkan energi untuk gambar mereka dan menciptakan latar belakang yang bagus bersih. Menembak dengan f stop 1/100 atau 1/80 memungkinkan pemain untuk berada dalam fokus yang tajam namun latar belakang menjadi sangat kabur dan menciptakan efek dingin.

tips 8

NASCAR aksi pada kecepatan rana lambat

8. Hindari Menggunakan Flash

Saat memotret olahraga, penggunaan flash biasanya dilarang. Flash dapat mengalihkan perhatian para pemain dan menyebabkan pelatih menjadi gila. Ada beberapa pengecualian, termasuk olahraga dalam ruangan, tetapi flash kamera biasanya tidak diperbolehkan.

Untuk olahraga indoor, biasanya dipasang di langit-langit dari gym, memungkinkan suatu jumlah ideal cahaya yang jatuh pada ruangan tempat permainan berlangsung.

Saat memotret olahraga outdoor seperti sepakbola atau bisbol, Anda tidak harus menggunakan lampu kilat di depan kamera. Inilah sebabnya mengapa pengaturan ISO sangat penting.

Sekarang, jika Anda menembak acara olahraga lokal atau acara tingkat kecil, seperti sepak bola di sekolah tinggi, maka lampu kilat biasanya diterima. Banyak yang memiliki aturan khusus untuk fotografer, jadi sebelum Anda mengambil gambar, pastikan untuk membaca peraturan tersebut sehingga Anda tahu apa yang ok dan tidak ok

tips 9

Source

Leave a comment

7 Comments

  1. danang

     /  February 14, 2013

    pelajaran yang sangat berharga…….

    Reply
  2. danang

     /  February 14, 2013

    Reblogged this on Danang Images.

    Reply
  3. artikel yang lengkap dan jelas, sangat berguna untuk belajar fotografi olahraga seperti saya yg baru belajar motret. ditunggu artikel selanjutnya

    Reply
  4. Suka sama tips yang satu ini…..Baru sadar kalo pake blitz bisa mengganggu atlet yang lg olahraga. TQ

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Danang Images

My Blog, My Inspiration

Insan Swadesi

Dahulukan usaha, baru cari bantuan

iKKi FotoNote's

Rekam Jejak Idup Anda Dengan Blog, Lets Go-Blog

classphotography

tips photography dan teknologi photography terbaru

herdailydigest

Travel. Explore. Share.

Lora Mercado

Life. Art. Photography.

ATELIER c157

- ART & PHOTOGRAPHY -

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

%d bloggers like this: