Bereksperimen dengan kamera ponsel

Bro, sedikit sharing tentang beberapa percobaan saya dalam pengambilan gambar menggunakan kamera ponsel. Ketika secara tak sengaja saya mengambil photo menggunakan ponsel yang hasilnya seperti menggunakan lensa fisheye (efek cembung).

Foto dengan efek lensa fisheye, Taken with Samsung Galaxy Ace S5830

Pada gambar tersebut, telihat cekung seperti efek ketika menggunakan lensa fisheye. Anda bisa lihat, mobil sedan didepan seperti berdiri horizontal, sedangkan jalan dibelakangya seperti melengkung.

Lalu dari ketidaksengajaan itu saya mulai bereksperimen, sambil mencari-cari teknik yang bagaimana yang dapat menghasilkan efek seperti itu namun tetap fokus pada salah satu objek pada gambar.

Dalam pencarian itu, saya menemukan beberapa hal yang mungkin dapat kita terapkan dan disempurnakan lagi kedepannya, yaitu ;

Pertama, pelajari kondisi lingkungan pencahayaan. Kamera ponsel biasanya memiliki delay saat klik, yaitu sebelum berbunyi “klik” dan sesudahnya. Delay tersebut secara otomatis dikalkulasikan oleh ponsel sebagai jumlah cahaya yang dibutuhkannya. Oleh karena itu lama delay sangat tergantung dari tingkat pencahayaan dilingkungan.

Setelah kita mengetahui lamanya delay yang diperlukan oleh ponsel, maka perhatian kita tujukan pada delay setelah bunyi “klik” sampai gambar hasil muncul. Prinsipnya, gerakan tangan akan membuat efek moving bila dilakukan pada saat itu. Sedangkan delay sebelum bunyi “klik” sudah saya coba, itu tidak akan menghasilkan efek apapun.

Lalu untuk mengasilkan gambar efek fisheye seperti gambar diatas, gerakan yang saya buat adalah gerakan memutar searah jarum jam dengan putaran kira-kira 60 – 90 derajat. Semakin besar sudut yang diberikan, hasilnya akan meunculkan efek lain, yaitu efek seferti pusaran air. (beberapa conto akan saya tampilkan di bawah).

Kemudian untuk menampilkan fokus pada sebuah objek dalam frame, perlu dicermati gerakan yang kita buat harus bersumbu pada titik fokus itu. Pada gambar diatas, saya memilih titik fokus mobil sedan bagian kiri, maka saya buat gerakan memutar dengan sumbu tersebut.

Terakhir, pegangan tangan haruslah mantap, ada baiknya dilakukan beberapa kali percobaan untuk menghasilkan gambar yang sesuai dengan yang kita inginkan.

Goyangan sebelum bunyi “klik”

Putaran 20 – 30 derajat setelah bunyi “klik”

Putaran 45 – 60 derajat setelah bunyi “klik”

Putaran 90 – 120 derajat setelah bunyi “klik”

Putaran lebih dari 120 derajat setelah bunyi “klik”

Contoh gambar-gambar diatas memang tidak terlalu menunjukkan efek lensa fisheye, karena setelah saya bandingkan dengan gambar pertama perbedaannya pada latarbelakang. Gambar-gambar terakhir tidak memiliki latarbelakang yang cukup jauh, sedangkan gambar pertama jaraknya cukup untuk membentuk efek cekung.

Namun dari percobaan ini sudah mewakili hasil dari gerakan-gerakan putaran yang saya lakukan, dan untuk kedepannya masih perlu kita tingkatkan pada variasi objek dan tingkat pencahayaan yang lain.

Nah, semoga ini bisa menjadi tambahan wawasan kita, walaupun keliatannya sedikit memaksa (karena yang paling bener ya beli lensa fisheye kan? hehe). Namun bila kita berhasil dengan percobaan ini, setidaknya ada kepuasan tersendiri kan bro?

Bagi kalian yang memiliki pengalaman lain atau mau menambahkan trik-trik diatas, boleh lah sharing disini biar semuanya tahu… :)

Selamat mencoba…

About these ads
Previous Post
Leave a comment

6 Comments

  1. uda nyoba, tp kurang bgs hasilnya… nice info deh…

    Reply
  2. ponsel terbaru

     /  March 16, 2013

    sangat menarik memaksimalkan kamera ponsel, sebagai hobi fotografi…

    Reply
  3. Muchamad Yusuf

     /  October 27, 2013

    info ini menambah wawasan saya
    thanks info nya

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Danang Images

My Blog, My Inspiration

Insan Swadesi

Dahulukan usaha, baru cari bantuan

iKijadul PhotoNote's

Mari berkreasi untuk ciptakan Indonesia yang kreatif

classphotography

tips photography dan teknologi photography terbaru

herdailydigest

Blogs and Photos about her Travels and Her New Home: UAE

Lora Mercado

Life. Art. Photography.

ATELIER c157

- ART & PHOTOGRAPHY -

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: