Apa itu format RAW

Apa sebenarnya RAW?
secara definisi, mungkin banyak yang akan menyangka bahwa RAW adalah sebuah singkatan. Ternyata bukan Bro.. RAW ya Raw in english mean “Mentah”. Memang RAW secara arti tradisional baku, berarti sesuatu yang belum diolah, mentah, dan dalam kondisi alami, maka Anda tidak akan kesulitan mengingat apa gambar mentah. Yaitu gambar yang belum diproses, atau belum berkembang, apa adanya, seperti foto negatif. Sebaliknya, file JPEG merupakan gambar yang sudah matang dari sebuah kamera digital, segala proses penyesuaian warna, pencahayaan dan sizing, sejatinya sudah lebih dahulu dilakukan oleh kamera.

Ilustrasi, sumber google

Untuk memahami apa file RAW, kita harus terlebih dahulu memahami bagaimana kerja kamera digital. Sensor membuat gambar dari jutaan cahaya pada chip. Kebanyakan sensor sebenarnya hanya catatan dalam grayscale dan kemudian menggunakan filter dan skema warna seperti Pola Bayer (ditemukan oleh seorang ilmuwan Dr Kodak Bayer pada 1980-an) untuk menentukan warna. Biasanya ada tiga warna berbeda: merah, hijau, dan biru.

File RAW biasanya eksklusif pada kamera model tertentu. Itu berarti bahwa hanya kamera khusus yang dberikan fasilitas menangkap gambar RAW pada sensornya. Pengaturan yang terkait dengan itu, seperti aperture, shutter speed, white balance, kontras, sharpen, dan nilai-nilai saturasi tidak diterapkan, hal tersebut disimpan untuk digunakan nanti. Gambar baku terutama digunakan oleh fotografer profesional yang membutuhkan kontrol penuh atas pengembangan citra gambar. Namun, semakin banyak pula fotografer amatir yang menyadari manfaat dari sebuah kamera yang menghasilkan gambar RAW ini.

Ketika kamera Anda memproses file JPEG, sejatinya Anda sedang menggunakan pengaturan produsen kamera yang telah bertekad untuk menjadikan kemampuan kamera produksi mereka bekerja optimal, tetapi Anda tidak memiliki kontrol atas hal tersebut. Selain itu, format JPEG menggunakan kompresi/pemanpatan “Lossy” ukuran file, yang berarti Anda akan kehilangan beberapa parameter dari kualitas gambar setiap kali file yang diambil.

Kebanyakan kamera saat ini dapat menghasilkan gambar yang baik dari pengolahan file JPEG, namun tetap memberikan fasilitas RAW yang menempatkan kekuasaan kontrol di tangan Anda untuk menentukan bagaimana gambar akhir akan terlihat. Karena Anda bekerja dengan data mentah kamera, Anda dapat menyempurnakan penampilan akhir non-destruktif, bahkan menciptakan beberapa variasi dari foto berdasarkan data gambar yang sama, dan membuka kemungkinan kreatifitas yang luas.

Disisi lain, gambar mentah memang selalu harus melalui langkah pengolahan pasca menggunakan software konversi, atau dengan perangkat lunak kamar gelap digital. Anda juga tidak akan dapat menampilkan file baku di luar kamera sampai file tersebut diproses dan diubah ke format standar seperti JPEG atau TIFF.

Karena sebagian besar produsen kamera menggunakan format proprietary untuk file RAW, maka pihak ketiga yang mengembangkan software konverter dan software kamar gelap digital harus selalu memahami format baku dari setiap kamera individu, dan harus sering diperbarui pada setiap perkembangan teknologi kamera baru yang datang ke pasar. Salah satu pengembang software tersebut, Adobe, telah mengembangkan format DNG, yang merupakan singkatan dari Digital Negatif. Format DNG terdokumentasi secara terbuka, sehingga memudahkan pihak ketiga pengembang perangkat lunak untuk mendukung format. Sejauh ini, bila Anda memiliki kamera yang belum mengadopsi format DNG, dapat melakukan konversi file RAW milik Anda ke format DNG, hal ini dapat membantu untuk memastikan kompatibilitas jangka panjang atau masa depan penggunaan file RAW Anda.

Download RAW Converter disini

 

 

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Danang Images

My Blog, My Inspiration

Insan Swadesi

Dahulukan usaha, baru cari bantuan

iKijadul PhotoNote's

Mari berkreasi untuk ciptakan Indonesia yang kreatif

classphotography

tips photography dan teknologi photography terbaru

herdailydigest

Blogs and Photos about her Travels and Her New Home: UAE

Lora Mercado

Life. Art. Photography.

ATELIER c157

- ART & PHOTOGRAPHY -

Matt on Not-WordPress

Stuff and things.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: