Apa itu Lensa Fisheye

Bro, sebuah judul yang sederhana, Apa itu Lensa Fisheye? Namun terus terang, saya pernah begitu kelabakan ketika baru pertama-tama menjadi fotografer, mendengar kawan-kawan fotografer lainnya ngobrol tentang lensa. Obrolan saat itu sudah mengenai lensa fisheye, dan bro, karena saya gak tau apa itu lensa fisheye, saya cuman kagok kesepian cui.. hehe. habis itu saya mulai belajar lensa, semua lensa, biar ntar kalo ngobrol lagi saya gak kan kesepian lagi.. hehe.

Baiklah bro, tujuan saya ingin sharing, bagi yang udah tau ya sukur, bagi yang belum tau, melalui tulisan ini semoga dapat tambah pengetahuan, sambil juga untuk melatih ingatan saya tentang beberapa lensa. Ilmu kalo dikasihkan gak mungkin akan berkurang kan cui..? :-)

Salah satu Lensa Fish Eye, 0.42X FISHEYE LENS W/ MACRO FOR CANON EOS DIGITAL REBEL

Gak perlu panjang lebar, mulai..

Sebuah lensa fisheye adalah sebuah lensa wide-angle ultra yang menghasilkan distorsi visual yang kuat yang dimaksudkan untuk membuat gambar panorama atau hemispherical lebar.

Istilah The fisheye diciptakan oleh fisikawan Amerika sekaligus penemunya Robert Wood W pada tahun 1906. Sebutan itu didasarkan pada bagaimana pandangan ikan dalam melihat lingkungannya, yaitu visual ultra-wide hemispherical dari bawah air. Lensa fisheye pertama digunakan secara praktis pada tahun 1920, yaitu digunakan dalam meteorologi untuk mempelajari pembentukan awan. Sudut pandang lensa fisheye biasanya antara 100 dan 180 derajat, sedangkan panjang fokus tergantung pada format film.

Lensa fisheye mulai diproduksi secara massal untuk fotografi pada awal tahun 1960-an dan umumnya digunakan untuk menghasilkan gambar unik maupun gambar terdistorsi. Pada format film 35 mm, panjang fokus lensa fisheye khas adalah antara 8 mm dan 10 mm untuk ingkaran, dan 15-16 mm untuk full-frame. Untuk kamera digital menggunakan pencitra elektronik yang lebih kecil seperti 1/4″ dan 1/3″, panjang fokus “miniatur” lensa fisheye dapat sedekat 1 sampai 2mm. (semoga aja paham, ane aja ngomongnya gelagapan gan.. hehe).

Intinya, dari panjang lebar definisi diatas, lensa fisheye digunakan untuk memvisualisasikan lanskap dalam sudut pandangan yang sangat lebar bahkan ekstrim (ultra wide). Lensa fisheye merupakan gabungan dari lensa wide angle dengan lensa makro. Bayangkan bila anda ingin mengambil gambar anak sekolah sebanyak satu kelas yang disusun berdiri berbaris menggunakan lensa normal, untuk membuat semua orang masuk dalam frame foto, maka anda harus mundur. Bila lensa normal anda ganti dengan lensa wide angle, maka anda gak perlu mundur terlalu banyak, maka seluruh anak satu kelas sudah masuk dalam satu frame. Lalu bila lensa wide angle anda ganti dengan lensa fisheye, anda bahkan tidak perlu mundur sama sekali, hanya saja hasil gambarnya nanti akan terlihat cembung, seperti anda melihat bayangan di sendok (kesannya mungkin tidak se-ektrim itu, tapi memang terlihat seperti itu).

Contoh gambar dengan Lensa Fisheye

Lensa fisheye sudah diaplikasikan secara luas, terutama untuk kebutuhan penelitian, pariwisata, adventure dan lain-lain. Namun lensa fisheye kurang sesuai bila digunakan untuk pengambilan gambar model, kecuali bila memang mengharapkan dramatisasi lingkungan (artinya tidak terlalu terfokus pada model). Dengan gabungan Macro di dalamnya, dapat diaplikasikan untuk pengambilan gambar makro yang lebih dramatis dari pada dengan lensa makro biasa.

Bila sempat, nanti saya akan coba untuk membahas salah satu produk lensa fisheye. Saya punya beberapa produk yang saya rekomendasikan. Namun favorit saya Rokinon FE8M-C 8mm F3.5 Fisheye Lens for Canon – Black. Karena aplikasinya sederhana, dapat diaplikasikan bahkan oleh pemula sekalipun, bisa saya bilang hasil gambarnya cukup instan. Disamping itu, produk ini produk Best seller rekomendasi dari profesional.


Click Here Rokinon FE8M-C 8mm F3.5 Fisheye Lens for Canon – Black

About these ads
Leave a comment

2 Comments

  1. Mas saya sudah membuat artikel tentang lensa fish eye, boleh menambahkan artikel ini sebagai teferensinya…? http://tommyvotograph.wordpress.com/

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.